KPP Keselamatan Jalan.
Bertujuan untuk menyiapkan teknologi tepat guna dalam meningkatkan aspek keselamatan jalan terutama di dalam mendukung terwujudnya infrastruktur jalan yang berkeselamatan yang pada akhirnya dapat menurunkan angka kecelakaan dan fatalitas kecelakaan, terutama dari aspek jalan dan lingkungannya.
Sasaran penelitian, meliputi: (1) Tersusunnya naskah ilmiah dan draft pedoman (R0) road safety impact assessment (RIA), (2) Tersusunnya naskah ilmiah dan draft pedoman (R0) Indonesia Road Assessment Program (In-RAP), (3) Tersusunnya draft pedoman (R0) Audit Keselamatan Jalan Tahap Pre-Opening, (4) Tersusunnya naskah ilmiah dan draft R0 NSPM Network Safety Management (NSM), terselesaikannya buku tentang “Menuju Ruas Jalan Berkeselamatan”, (5) Tersusunnya modul pelatihan dan diseminasi (workshop) Audit Keselamatan Jalan dan Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas, (6) Diseminasi (workshop) Audit Keselamatan Jalan dan Penanganan Lokasi Kecelakaan Lalu Lintas, (7) Tersedianya teknologi pendukung metode pelaksanaan inspeksi keselamatan jalan dengan menggunakan PDA, (8) Terlaksananya ujicoba teknologi PDA untuk mendukung kegiatan inspeksi keselamatan jalan, dan (9) Tersusunnya spesifikasi bangunan pengaman tepi jalan (wire-rope barrier). Keluaran akhir penelitian, adalah: Pedoman dan Teknologi Rekayasa Keselamatan Jalan.
Pencapaian Teknologi keselamatan jalan ini memberikan penekanan kepada keselamatan akibat pengaruh infrastruktur jalan. Berbagai pedoman dan naskah ilmiahnya disiapkan, termasuk di dalamnya RIA, In-RAP, NSM, dan naskah ilmiah pengembangan manajemen keselamatan jaringan jalan. Program ini turut menghasilkan spesifikasi bangunan pengaman tepi jalan (wire rop barrier), yang dikembangkan dari prototipenya.
Dalam rangka menyebarluaskan pedoman yang sudah disusun pada tahun sebelumnya dilaksanakan penyusunan modul dan diseminasi, diantaranya Modul pelatihan AKJ pre opening (Laik Fungsi), diseminasi AKJ Pre opening, dan diseminasi TSRI.
Berbagai teknologi inovatif di dalamnya turut dikembangkan, meliputi metoda pelaksanaan IKJ menggunakan teknologi PDA dan sistem pendataan kecelakaan lalu lintas (SIDLANTAS) menggunakan teknologi PDA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar